Ketika Cinta Bertasbih

Subhanallaah …

Ketika Cinta Bertasbih, novel ini ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik). Cerita yang mengalir seperti biasa sudah menjadi ciri khas dari novel-novel karya Kang Abik.

Aku masih ingat 1 tahun yang lalu baca novel Ayat-Ayat Cinta, sengaja cari 1 hari buat baca novel itu, dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore, keluar kost cuma buat nyari makan aja😀

Novel Ketika Cinta Bertasbih (Episode 1) ku beli di Gunung Agung Arion malam sebelum berangkat ke Padang. Dibaca habis 2 hari, disela-sela waktu. Hehe sebenarnya menyempatkan diri juga baca novel ini, mumpung kemaren belum terlalu sibuk.

Sayangnya pas beli novel ini kemaren gak liat yang Episode 2 nya, jadinya masih penasaran sama kelanjutan ceritanya. Hehe benar-benar bikin penasaran deh :p Harus cepat-cepat beli lanjutannya nih kalo dah nyampe Jakarta lagi😀

Tokoh Kang Azzam di novel ini digambarkan punya kemandirian yang mestinya bisa ditiru orang, terutama anak-anak kost. Juga digambarkan tak semua orang punya prioritas yang sama, misalnya Kang Azzam yang lebih memilih jualan Tempe dan Bakso di negeri orang demi menghidupi Ibu dan Adik-adiknya, dibandingkan dengan sesegera mungkin menyelesaikan kuliah di Al Azhar yang sudah dijalaninya 9 tahun. Tapi dari kondisi ini lah dia bisa lebih memperdalam ilmu nya, ilmu dunia dan ilmu akhirat. Dan ini juga lah bentuk tanggung jawabnya kepada keluarga, sebagai orang yang diharapkan bisa menjadi tulang punggung keluarga, setelah ayah nya meninggal pada tahun ke-2 nya kuliah.

Ah … baca aja deh novelnya, bagus banget😀

Salut buat Kang Abik, mudah-mudahan Allah terus memberikan kelapangan pikiran buatnya untuk terus menghasilkan karya-karya hebat.

99 thoughts on “Ketika Cinta Bertasbih

  1. bener, saya juga seneng banget sama novel itu, bisa buat iman nambah, gak hanya novel tapi penggugah jiwa, dan pengemangat hidup, sampai2 kalo saya lagi gak semangat saya baca berulang kali bagian yang selallu mengangungkan Allah.

  2. Wah novel kang Abik sungguh2 hebat, karena novel ini bisa membuat saya terharu oleh kisah kang Azam dan temannya fadhill yang telah rela melepaskan wanita yang dikasihinya karena untuk mendapatkan ridho dari ALLAH SWT, dan dia sanggup menjadi panitia sekaligus pengisi acara di pesta pernikahan wanita yang dikasihinya tersebut.
    dan sifat kang azam dalam kisah tersebut sangat tegar dan penuh dengan tanggung jawab. sampai2 saya jadi penasaran nie dengan sambunggannya yang ke-2.Dan novel ini bisa buat iman qt bertambah dan sebagai penyemanggat hidup.
    Ayo……. kang Abik, cayooooooooooo
    buatlah novel yang bernafaskan islam lebih banyak lagi,ok. Karena novel2 yang bernuasakan islam tidak kalah dengan novel2 yang bernuansa kebarat2an:)

  3. ketika cinta bertasbih menambah satu lagi deretan karya terbaik dari Habiburrahman El Shirazy,
    karya kang Abik selalu memberikan tambahan ilmu untuk pembacanya..karena setelah saya membaca karya2 beliau tumbuh motivasi baru dalm jiwa saya untuk menjadi better than before..tak berlebihan jika di katakan novel pembangun jiwa..
    ilmu keislaman yang di paparkan secara lugas dan mudah di mengerti…
    ketika cinta bertasbih 2 akan menjadi buku yang saya tunggu ….

  4. Ass.

    Subhanallah,
    Adalah indah saat fikir itu menjadi satu ilmu
    Adalah barakah jika ilmu itu menjadi satu taubat

    Terima Kasih buat kang Abik, karena novel itu, menjadi titik awal dari usaha kaffah.

    Dan menjadi lebih bermakna ketika menjadi sebuah hadiah pada proses khitbah saya dgn akhwat fillah
    Rita Yustisa Efendi

    Mohon Doa menuju pernikahan barakah,….

  5. kang abik…
    syukron jazakallah ya atas, buah pikiran kang abik yang telah merubah mind set ane, mudah-mudahan apa yang telah kang abik lakukan dapat menjadi saksi kelak nanti di akhirat, kalau kang abik secara tidak langsung telah merubah pandangan hidup seseorang untuk berubaha ke arah yang lebih baik,

  6. Assalamu alaikum….
    kita semua menyukai yang di hasilkan kang abik lewat ayat-ayat cinta dan ketika cinta bertasbih 1,tapi sampai sekarang bag 2 koq belum keluar yah?

  7. assalamu’alaikum……
    pencerahan itulah ketika cinta bertasbih, tp rasa penasaran membuat sy makin penasaran karena untuk sebauah kelengkapan pemahaman, kapan bGIn keduanaya?

  8. Ass wr wb,
    sy jg pengagum karya2 kang abik, cuma setting/peta lokasi mesir itu yg sampe skrg blom terealisasi, jadinya saya masih berimajinasi, saya sendiri sih pengennya ada sedikit ilustrasi, ya seperti gambar, ato apalah yg bikin cerita itu semakin “hidup”, tentunya beda dunk ama komik,😀

  9. Banyak hal dapat aku temukan dlaam KCB 1nya Kang Abik, perjuangan, kemandirian, iman, Taqwa cinta keluarga dan harga diri. selesai aku membaca buku yang tebal dalam waktu sehari, aku menangis melihat kenyataan pada diriku. selama ini aku akui begitu egois mementingkan diri sendiri tanpa mau tahu bagaimana adik-adik saya. (saya anak pertama dari 4 bersaudara). begitu menyentuh perjuangan Azzam pada keluarga hingga mengorbankan kepentingan pribadinya ( sembilan tahun di Al Azhar belum lulus juga). semua itu semata-mata ingat keluarga di Indonesia yang sangat membutuhkan uluran keringatnya, dia rerla sibuk jual bakso demi mendapatkan uang utk bertahan hidup dan dikirim ke Ibu dan adik-adiknya. sungguh cerita ini mencabik hatiku, mengapa aku begitu egois meninggalkan adik-adikku yang belum mandiri. Yaa Allah semoga Engkau Ampuni dosaku ini.

  10. subhanallah…..
    novelnya keren banget kang Abik!!!!
    ane dah gak sabar lagi tunggu kelanjutannya bis novelnya tuh bener” mengajarkan kita bagaimana diri kita berjuang dinegeri orang?
    dan mengajari sebuah makna prestasi yang sebenarnya!!!!!
    klo boleh tau buku episode 2 nya kapan Kang Abik ???

  11. waktu pertama lihat novel ini aku dah langsung kepikiran beli, tapi tiba2 melihat tulisan episode 1, akhirnya urung niatku untuk membelinya. maklum, aku bukan orang yang suka untuk menunggu sambil penasaran, jadi mending ntar kalo dua buku dah keluar baru baca. (sekalian nunggu yang lain punya). diatas sajadah cinta kapan keluar cetakan barunya ya? (aku gak jadi beli gara2 ada logo trans tvnya. hehehe

  12. ass…

    kang abik, thanks banget novel2nya bikin aq tambah semangat…penasaran nih, ketika cinta bertasbih k2 nya manaaaa..???

  13. salam ziarah dr ana, teman dr malaysia. Novel kang abik memang benar2 menyentuh jiwa dn banyak pengajarannya.. ketika cinta bertasbih 1 merpkn novel ke3 kang abik yg sy miliki.. sedang menanti episod yg ke2..sudah tidak sabar.. salam zirah sekali lagi dn salam ukhwah.. semoga kita semua mendpt manfaat dr penulisan kang abik yg menjd salah satu wasilah dlm menyebarkn dn menyedarkn org ramai ttg agama islam..insyaALLAH

  14. alhamdulillah saya sudah selesai membacanya. tapi entah kenapa saya kurang begitu suka dengan tokoh azam, saya sangat kecewa saya kira azam memiliki pribadi sedahsyat fahri dalam AAC, dan sebenarnya saya juga masih menunggu kapan ketika cinta bertasbih 2 akan hadir??? untuk teman2 yang tau informasinya, tinggalin pesannya disini yo???!!!
    special banget buat kang abik yang sudah saya anggap sebagai teman, kakak, pacar, ayah, ato apa ajalah yang penting saya berterima kasih banget, karena kang abik sudah bisa merubah pribadi saya lewat novel ayat ayat cinta-nya, makasih!!!???

  15. subhanallah… entah komentar apa lagi yg pantas terucap setelah membaca novel kang abik yg terbaru ini, sampe2 ga sabar nunggu kelanjutan kisah kang azzam…kpn nih launcing KCB2?
    kisah KCB1 ini lbh realistis dibanding AAC. Perjuangan kang azzam dlm hal menuntut ilmu, membantu keluarga, bahkan dlm hal cinta bikin qt berderai airmata. mudah2an happy ending ya…

  16. assalamulaikum wbr…
    sy sgt terkesan mmbaca novel ne,waduh ceritanya menyetuh abiz,sy sampe hrs begadang malam tuk baca novel ne.krn siang krj maka malam yg sempat.sebenarnya ne novel apa fiksi ato emang pernah terjadi?soalnya ceritanya hidup bgt.saya biasanya tidur jam 10 malam,tp mata ne ngak bisa trpejam krn penasaran,akhirnya tidurpun molor sampe jam 2 pagi.tp anehnya siangnya saya masih bisa krj tanpa didera rasa kantuk.sungguh ajaib atau ne krn motifasi saya bertambah?
    saya masih nyari jilid ke2,krn jilid satu saya pinjem ama teman,dan jilid 2 nya udah saya minta tolong cariin sama teman.
    saya di perdalaman Aceh,disini susah bgt buat cari buku bacaan.
    selamat ya kang atas maha karyanya,semoga sukses utk karya2 yg lain

  17. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
    Saya sudah membaca habis novel Kang Abik diantaranya Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih (KCB),Subhanallah….bagus banget ceritanya.
    Semoga Kang Abik diberikan kesehatan dan keselamatan dunia dan Akhirat oleh ALLAH SWT,dan selalu dapat berkarya.Amin…
    Nggak sabar rasanya ingin baca KCB Episode 2,pokoknya ditunggu dech…

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  18. Ass
    Saya dah baca karya2 kang Abik pada mulanya saya sama sekali tidak tertarik dengan yang namanya novel tapi setelah baca karya kang Abik saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama diantaranya yang dah saya baca ayat-ayat cinta dan ketika cinta bertasbih. keduanya sama-sama sarat dengan makna dan kejutan2 yang tak bisa diduga-duga pokoknya seru dech

    saya setuju kalau karya2 kang abik disebut sebagai karya pembangun jiwa.

    oh, ya saya dah ga’ sabar ingin baca KCB Episode 2 duh gimana ya kelanjutan ceritanya
    bagaimanakah kisah Azzam “kang Insinyur” selanjutnya …………..??????????????????

  19. sumpah te o pe be ge te!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kapan mulai terbit edisi keduanya panasaran kang!!!
    salam tuk semua penggemara novel kan abik

  20. ass…
    kang abik….
    saya sudah baca karya kang abik ayat2 cinta dan ketika cinta bertasbih 1, semoga dalam waktu dekat bisa beli novel ketika cinta bertasbih 2, subhanallah… bukunya bgus bgt….
    keren bgt…..
    nggak banyak yang bisa aku ungkapkan selain, bgusssssssssss bgt….

  21. Assalamualakum…
    Gabungan nech..kasih komen..meski dah basi banget…
    luar biasa…itu kali pertama kalimat yang muncul..awal kali mengenal tulisan kang abik di ayat-ayat cinta..padahal aq tu orangnya gak suka kalo baca novel yang tebel2 banget..lihat bukunya aja dah males..palagi baca…berkat rekom dari temen..aq coba baca..gak terasa habis pe bab akhir n jadi ketagihan hunting karya2 kang abik…pas tau ada KCB, q langsung beli..dan seperti biasanya..cerita yang disuguhkan kang abik bener2 penuh makana, memikat, mangalir, sederhana…dan yang paling penting membuat kita ingin selalu berbuat lebih baik, punya makan dalam hidup, gak sekeda hidup de el el…kapan nech ep 2 nya nongol…salut banget buat kang abik…

  22. Assalamualaikum.,

    Akhirnya novel jilid yang kedua udah terbit! a lg jln2 ke Gramedia hari rabu n a liat novel Ketika Cinta Bertasbih tapi kok sampulnya hijau?! y udah langsung aja a beli n sekarang a udah selesai baca selama 1 hari full!! Kang Abik ditunggu y karya2 bagus yang lainnya y.,

  23. ass…semoga Allah selalu menyayangi kang abik. Saya sudah baca kcb 1 dan 2. Subhanallah ending yang betul-betul saya harapkan muncul juga….bagi teman2 yang punya buku2 lain yang menurut teman2 bagus tolong email saya ke abank_amat@yahoo.com. di tunggu….wassalam.

  24. Assalamu’alaikum….
    Walalu saya belum membacanya, kerana saya melihat teman sekantor saya sedang membaca buku tersebut lalu saya melihat buku tersebut berjudul ketika cinta bertasbih itu sangat menarik, walaupun hanya sebentar saya melihat buku itu karena keingin tahuan siapa penulisnya lalu saya ketik di hp saya, dan jadi ingin cepat-cepat membelinya karena kata teman ku buku itu sangat menarik dan membuat kita termotivasi.

    wassalam

  25. Assalamualaikum Wr Wb.

    Subhanallah novel ini sangat bagus, saya adalah orang yang tidak suka novel,setelah di paksa keponakan untuk baca novel Ayat – Ayat Cinta menjadi suaka, sampai sampai waktu baca nggak inget makan dan mandi apalagi baca ketika cinta bertasbih,

    salam ke kang abik, saya ucapkan terimakasih atas karya – karya novelnya yang bukan hanya sekedar novel tapi sebuh nilai – nilai dakwah yang di sampaikan dengan baik dan tidak menggurui….

    wasalam

  26. datar..baca baca baca
    mudahan2 bukan novel Islam yang partikular
    tapi menurut hati gue..novel ini juga

    Bukan
    novel yang sarat metavor indah
    novel yang sarat motivator
    novel yang sarat saduran realitas hidup

    sedih rasanya kalau lahapan kita sangat tekstual tentang Novel Islam.

    novel ini bukan bacaan yang sampe bikin gue gak inget makan apa lagi mandi apa lagi harus beli disaat gak punya duit, kenapa sih kita euforia dengan buku2 yang judulnya “syahdu” seperti karakter orang2 melayu tapi kontennya samar oleh pemahaman hidup

    kalo “bercinta dengan Allah” atau “laskar pelangi” gue beli dech meskipun besok gak makan.

  27. EDENSOR…….
    EDENSOR…….
    EDENSOR…….
    EDENSOR…….

    jangan katakan sesuatu yang tidak bagus itu bagus

    jangan katakan sesuatu yang bagus itu tidak bagus

    bukannya si Azzam jualan tempe & bakso tidak lebih karena ingin segera selesai kuliah dan cepat pulang ke Indonesia.

  28. Nah looo, leny bacanya selasai ga ya..??
    kalo selasai paham ga ya??

    Bu orang kan beda2 klo menurutnya bagus ya pastinya dikatakan bagus klo ga bagus ya ga bagus….

    Pacar ibu keren belum tentu kata saya..hi3

    Mo baca jungkir balik ke’ ga makan 7 hari 7 malem ke klo dia happy ya gpp kan?klo sakit ya dia juga ko yg ngerasain hi3.

    Mang kang abik marah klo dibilang novelnya ga bagus?ga juga kaleeee…….

    Azzam sengaja ga selesain dulu kuliahnya karena menurut dia klo pulang ke indo blum tentu dia bisa biayain adik2nya….so sambil menunggu adiknya ada yg bisa membantu keluarganya baru dia konsen kuliahnya….secara dimesir ijinnya adalah belajar bukan bisnis…buktinya setelah adiknya si husna bisa bantu keluarganya azzam langsung menyelesaikan kuliahnya dengan mudahnya…klo dia ga mikirin keluarganya mungkin aja dia udah s2 seperti furqon.

    btw iya ga sih…

  29. kalau pacar gue cakep, belum tentu kata lo cakep???
    harfiah betul yah..
    nah ini nich salah satu indikasinya kwekwekwekwek

    persepsi memang boleh beda, sangat boleh beda tapi bukan sisi itu yang paling gue kedepanin disini, boleh kan sedih melihat sahabat2 yang sangat terpartikular apa lagi sama sesuatu yang krusial menurut gue “agama”.

    cuma gak mau terkooptasi sama judul yang melebihi konten novel tersebut. kita sudah terlena sama hal-hal yang seremonial.

    jangan sampai kita pada tahap : “kalau kita tidak se-idealis azam tidak apa2 karena itu hanya ada dalam novel”

  30. Dari awal saya gak begitu suka baca2 novel tetapi ketika saya di kasitau istri saya ada novel bagus tak coba buka2 trus aku baca yang judulnya ketika cinta bertasbih jilid 1 eeehjadi ketagihan nih trus nunggunya agak lama lagi tuk dapatin yang jilid 2.tapi sekarang udah bisa,alhamdulillah,ada yang pinjamin karna belum bisa beli untung2 ada yang ngasih.

  31. apa kang azam bersedih se-sedih kita ketika dia tidak bisa sampai s2 karena prioritasnya waktu itu masa depan adiknya?

    apa idealisme saat ini sudah sebegitu ceteknya? hukhukhuk tidak terasa banyak yang bergeser.

    belajar melihat sekitar karena kehidupan sebenarnya ada disana, pengalaman yang tidak bisa dipelajari dari buku manapun.

  32. sory nih len g ga ngerti bahasa lo, ketinggian bagi gw (ga bermaksud merendahkan pi g mang ga ngerti), maaf deh g orang NDESO alnya….g lebih seneng baca novel yg “biasa” tapi bisa membangun. dari pada “luar biasa” pi ora paham hik3…(lain sama lo yg paham semua buku). keep smile n smile….

  33. aku punya lho teman yg seperti azzam, pagi kuliah, malam dorong gerobak jualan bakso sampe lulus S1. univ negeri lagi. hebat kan?😀

  34. Assalamu’alaikum.
    katanya ketika cinta bertasbih 2 dah ada ya????duh jd pengen beli nich!!!ya walaupun kata kang Yanuar medok bhs jwa’ya yang penting mah endingnya!!!hehehe. Duh jd penasaraaaaaaaaaaaaaan buanget!!!doa’in ya spy bsa cpt2 bli!!!

  35. LENY Says:

    jangan sampai kita pada tahap : “kalau kita tidak se-idealis azam tidak apa2 karena itu hanya ada dalam novel”

    YA IYYYYYYAALAH NENE-NENE JUGA TAU, MANG DI POKSO OPO?

  36. assalamualaikum.. saya teman dari malaysia.buat pengetahuan, saya bukan lah penggemar novel. namun, bila salah seorang sahabat saya menyarankan utk membaca ‘ayat2 cinta’, ya saya coba utk membacanya.nggak di sangka2, inilah novel pertama yang saya berjaya habiskan.terus, keluar pula ‘ketika cinta bertasbih’ dan saya baru saja khatam dua2 episod.. subhanallah… ini benar2 novel yang luar biasa. benar ia nggak lah seagung kalamullah, Al-Quran. namun, nggak berlebihan jika saya katakan, ia setanding dengan novel2 karya pak hamka.mengulas tentang novelnya, saya amat terkesan di mana kang abik menonjolkan watak azzam yang begitu gigih mengharungi hidup di mana pada zaman ini, begitu ramai anak muda yang lena di ulit keasyikan duniawi.. tambahan pula, di dalam novel ini, kang abik juga mempamerkan watak furqan utk dibuat perbandingan antara azzam.

    jika ayat2 cinta bisa dibuat filem dan ramai yang nggak sabar menantinya, saya juga nggak sabar menanti filem ketika cinta bertasbih ini difilemkan atau di sinetron.

    saya juga berharap produksi filem indonesia atau malaysia bisa memperbanyakkan lagi filem2 seperti ini.

    Prof Dr Yusuf Al-Qaradawi ada menyebut, membuat filem berunsurkan keislaman lebih baik dari kita membina masjid, kerana masjid sudah terlalu banyak di bina….

    syukran
    “HIDUP BIAR BERJASA”

  37. kang abik tambah komersil!!!emang sih,karyanya,SUBHANALLAH,salah satu karya terbagus yang pernah aku baca, tapi tapi kooooook tambah komersil, ya?

  38. subhanallah….insya’alloh,banyak hikamak dalam dari untuk mengambil amanah dari pengalaman ini….pengalaman, jati diri dalam pencarian pegangan dalam mengaringi kehidupan yang penuh pertanyaan…dapat jadi pegangan dan pertimbangan dalam diri….
    ditunggu cerita – cerita yang selanjutnya…..

  39. sumpah banggus bangget…gw tuh ga suka yang namanya baca, so pas gw ditawarin to baca ma temen..gw bilang ma temen gw, busyet tebel amat, so temen gw bilang baca dulu so pasti lo tergila2 n penasaran deh…
    tau ga apa yang terjadi, gw emang tergila2 n lg dalam proses membeli novel ketika cinta bertasbih 1 yang da gw baca n lg proses beli jg yang kedua,. tapi yang mo hadiahin gw yang kedua dengan senang hati bangget gw trima kasih bangget loh…

  40. Asli, Semenjak di sodorin ma temen Novel Ayat – Ayat Cinta
    q jd nyandu ma karya karyanya kang abik
    Cayoo kang…
    Semoga diberi kelapangan berfikir supaya bisa terus menghasilkan karya2 hebat n tentunya jg bermanfaat😉

  41. Assalamualaikum.wr.wb.
    Subhanallah…
    Alhamdulillah
    Semoga nilai – nilai keislaman yang sedang cerah menaungi bumi Indonesia ini senantiasa selalu berjalan sesuai dengan ridho Alloh SWT dari masa ke masa..
    “Ayat – Ayat Ainta” dan Ketika Cinta Bertasbih..sebuah media penyampaian dakwah yang saat ini berjalan sangat baik dan menjadi sebuah “fenomena” yang terjadi di indonesia 5 tahun ke belakang.
    Saya melihat novel ini tidak hanya sebagai sebuah karya sastra “biasa”. Nilai – nilai keislaman yang dapat dijadikan suri tauladan yang baik..
    Menurut saya,pemuda – pemuda Islam Indonesia seperti Fahri dan Chairul Azzam masih ada dan itu merupakan tongkat estafet penyebaran dakwah Islam di Indonesia khususnya..
    Saatnya bangsa Indonesia saat ini memiliki nilai budaya yang baik seperti yang sedang diusahakan ditanamkan Bapak Habiburahman El Shirazy melalui novel – novelnya..
    Semoga pemuda – pemuda Indonesia memiliki kepribadian yang baik dan luhur seperti yang sedang ditanamkan Kang Abik melalui novel – novelnya..
    Semoga Alloh SWT meridhoi apa yang sedang diusahakan oleh Kang Abik..Barakallah..
    Wassalamualaikum wr.wb.

  42. Aku Udah baca KCB 2 yang ku pinjam ( he… he..he ) dari kakak bos tempat istri ku bekerja. Dari awal smp abis Senang banget .Soal tokoh ceritanya yang aku paling suka tentang ayatul husna, kakaknya Azzam sampai tentang sang Kyai ( bapaknya Annisa Miftahul – Kalo gak salah ) Cuma aku belum tau KCB 1. Jadi Penasaran Nih baca KCB 1

  43. Subhannallah..

    sungguh maha karya yang luar biasa..

    setiap kata dan baris kalimat sungguh mampu menarik hati dan terkadang air mata pun tak terasa menetes di pelupuk mata.

    sungguh indah dan insyaallah jika umur dan rejeki memungkinkan saya akan mengkoleksi semua maha karya sang pengarang kang abik…,

  44. assalamualaikum wr.wb

    subhannallah…….
    certanya bagus banget ,sampe-sampe w \kaya ingin ketemu banget
    sama si.. anna althafusisa itu…!
    tapi kan juga (ngarep) . boleh kan
    dia laksana permata yang paling mahal
    dan ku ingin dia mewarnai hidupku ini ………………amin.
    selalu…………..
    i love u

  45. Assalamu’alaikum wrh.wbr.. u/ semua

    KCB memang fenomenal yang menjadi spirit buat kite semua…, tapi jangan berlebihan memuji manusia…. INGAT semua dari yang Maha segalanya.. ALLAH SWT.

    semoga Kang Abik trus diberikan ilmu dari-Nya. Amin.

    alFatih……… 2008

  46. ass..
    ceritanya sungguh membuat saya merindukan sebuah fitrah..
    di tengah ke-hedonisan lingkungan saya, novel KCB mampu mengobati kesepian saya..
    klo ada novel2 baru dari kang abik, sharing2 ya..

  47. assalamualaikum

    d malang ada MALANG ISLAMIC BOOK FAIR,,
    Q LANGSUNG BELI 2 EPISODE!!! G ngurus bsk makan mie ato malah g makan (anak kost c)

    tp pengorbanan itu terpuaskan.. Subhanallah WalHamdulillah…

    semacam pengantar di awal jg mengajak qt untuk nge-refresh AAC n PPC,, Luar biasa!!!

    m…. jd pngen bc lg neh.. =D
    padahal uda pd bc smua berulang2..
    AAC 4X hatam
    PPC 3X hatam
    KCB 2 Episod 3X hatam,,smua!!!
    DMC 2X hatam
    KCT 1X hatam

    ayo…yg laen mana kang abik?? =)

  48. Assalamu’alaikum sekalian
    maafkan saya atas kelancangan saya ini
    saya sangat ingin membaca novel-novel islam
    terutama karya dari kang Abik.
    tapi sayangnya saya sendiri berada di pelosok nusantara,
    sulit sekali mencari buku-buku apalagi novel seperti ini
    saya mohon kalo ada temen yang punya novel karya kang Abik dalam bentuk pdf. ato word documen tolong bagi bagi yaaa……
    email saya ade_001ok@yahoo.com

  49. Assalamulaikum…KCB kereen..bagus banget Subhanallah…cerita yang mengajarkan untuk selalu mensyukuri hidup dengan segala likunya dan membuat kita selalu bertakwa…belajar dari karakter Azzam yang mandiri, sederhana, memegang prinsip, juga tokoh Furqon yang mungkin digambarkan tokoh yang naif…semua orang melihat dia begitu sempurna..padahal..dia banyak memiliki kekurangan yang justru pada akhirnya dia sadari untuk menjadi lebih baik..dari sini mungkin kita bisa bercermin terhadap diri kita..apakah kita ini orang yang selalu merasa sempurna dan takut dianggap tidak sempurna oleh orang namun tidak dimata ALLAH SWTataukah kita ingin menjadi orang yang apa adanya yang mungkin akan dilihat orang kurang dari sempurna namun baik dimata ALLAH SWT, melalui dua karakter yang berbeda, kang abik benar – benar menggambarkan cara menjalani hidup dengan baik. Salut buat Kang Abik…jadi pengen baca novelnya yang lain “di Atas Mihrab Cinta” kelihatan bagus tuh dari sinopsisnya…..Salam

  50. Ass…..
    ak baca KCB Epsd 1, rasane ga sabar pgn baca sing ke-2, golek rono-rene angel, jare rung metu lah, opa lah… tapi Desember 2007 ak nemu juga, langsung tak tuku, moco sedino, tapi kok malah kuciwo! ono sing rung rampung nurut aku, tapi mbuh nek wong pinter2 sing moco! hehehe….Azam kui adine 3, sing ragil nang pesantren, tapi wektu Ibune sedha kog ra ketulis piye reaksi adine kui…yo iyo sih sing dadi tokoh utamane Azam, tapi kan dadi ra penak diwocone…
    Trus piye yo, aku ki dudu mahasiswi po termasuk wong terpelajar, tapi tokoh2 utama sing apik2 mesti sing duwe titel2 dhuwur, mahasiswa terpelajar, wong2 terpandang, dadi rasa2ne wong2 kaya aku iki elek tenan, nang ngisor tenan, ra diperhatikno….
    tapi pancen buku iki apik tenan…mung yo kui rung sempurna, “tiada gading yang tak retak” kui jarene…
    Wass….

  51. wah…
    dengar-dengar KCB mo difilmkan yah…
    aku tunggu deh…
    kalau bisa nandingin filmnya ayat-ayat cinta….
    and bisa ngasitau ke orang-orang kalau film islam juga gak kalah ngetrennya ama film2 hedon lainnya..
    cayo…

  52. berkaca dari AAC, sebetulnya mulai jilid 2 saya sudah bisa menebak ending nya.
    tapi romantika-nya bikin penasaran..
    usul.., tidak usah difilmkan.
    karena banyak pembaca novel yg kecewa dengan AAC

  53. aku bingung nich maw komen apa ncoz lom baca novelnya,aku ga punya duit buat beli.ya mending minjem aja kalo ada temen yang udah beli kan enak dapet ilmu gratis pula…..RYZA
    BAgi yang maw kenal ketik REG(spasi) RYZA kirim ke 6288, sms yang kamu dapet langsung dari hp aku.

  54. novelnya bagus, ayat-ayat cinta & Ketika Cinta Bertasbih.
    aku juga udah denger kalo novel Ketika Cinta Bertasbih akan dibuat filmnya.
    aku mau usul tentang pemainnya, saya rasa Nabila Syakieb cocok untuk menjadi wanita arab.

  55. ceritanya keeeeeeeeeeReeeeeeeeeeeeen aaaaaaaaaaaabissssssssssssss,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,menyentuh banget……….
    emank hebat banget yach kang abik!!!!!!!!!!!!!!!!!
    karya2x top……
    n hebat pisan nyari pemain2 yang dah profesional…………….
    teruskan karya2x yach kang???///
    mudah2x sukses oooooooooooocccccceeeeeeeee………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  56. Sungguh mengharukan…Katanya mo difilmkan ya…??? Mudah2an tidak ada pro dan kontra ya…seperti Ayat – Ayat Cinta kemarin. Sukses ya kak abik…!!!

  57. subHanALLAH,,,,,, bersYukuR bAngGET ALLAH SWT bISa nGASih RAhmat YAng sungguh luar bi4sa nov3l ini sunguh sangat mEnggug4h Hati muslimah kususnya ana.

    kapan siEh dIbikiN FilMNYa?

  58. kpan nc flm cinta bertasbih di garap?pasti seru spt flm ayat2 cinta y?and yang pst mengulang sukse y?amin………………………….

  59. ass.
    benar2 menghimpnotis remaja jakarta seperti saya ini untuk mengingat Allah lg..
    Siapa sangka,buku ini menggugah perasaan saya untuk semakin takwa kpd Allah..
    Saya ingin minta sm kang Abik,
    bsa gx bkin buku yang temanya selain dari Percintaan?
    misalkan fenomena2 islam yang juga bisa menggugah hti pembaca..
    syukron.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s